Potensi Kuliner


1. Uta sepi tumis.

Makanan ini paling disukai penduduk Bima. Bahan dasarnya adalah udang-udang kecil yang ditumis dengan asam muda, cabe, tomat, dan kemangi. Anda wajib mencicipinya saat berkunjung ke Bima.

2. Uta Palumara Londe (Bandeng Kuah Santan).

Seperti namanya, lauk ini terdiri dari ikan bandeng yang diguyur santan yang di dalamnya terdapat bumbu bawang putih, bawang merah, cabe merah, kunyit, dan tomat. Rasa dari makanan ini manis, asam, pedas dan ada aroma kemanginya sehingga terasa wangi ketika dimakan.

 

3. Kahangga.

Merupakan kue tradisional Bima. Bahan dasarnya terbuat dari tepung beras dan gula. Anda akan mudah mendapatkannya di Bima. Rasanya gurih dan manis, dan bisa menutupi rasa lapar Anda.

Biasanya dihidangkan saat sedang ada hajatan di sana, namun karena sekarang cukup populer, Anda bisa menemukannya di pasar tradisional yang ada di sana. Harganya pun cukup murah, hanya dijual seribu rupiah per buah.

4. Uta Maju Puru (Daging rusa bakar).

Daging rusa merupakan makanan favorit masyarakat Bima juga. Biasanya daging itu diawetkan dengan cara didendeng. Daging rusa ini dibakar dan ditambahi bumbu pelengkap sehingga rasanya sangat lezat dan gurih.

5. Tota Fo’o.

Merupakan sambal khas Bima yang bahan dasarnya terdiri dari cabai dan mangga. Rasa asam dari mangga, dan pedas dari cabai membuatnya sangat segar dan bikin ketagihan. Sambalnya pun cukup pedas. Maka dari itu saat makan di Bima, Anda tidak boleh melewatkan sambal ini.