Web/Detail Opd

Temu INOVASI Provinsi Nusa Tenggara Barat

Oleh : Admin Pemerintah Kota Bima    Tanggal 18-12-2018 Temu INOVASI Provinsi Nusa Tenggara Barat

Gubernur NTB Dr. Zulkieflimasyah didampingi Second Secretary Kedubes Australia Farah Tayba, Senior Advisor INOVASI Prof Dr.Fasri Djalal dan Kadis Dikbudpora NTB Muh Suruji membuka Temu Inovasi Provinsi NTB tema, " Akselerasi Mutu Pendidikan Menuju NTB yang Gemilang: Solusi Lokal Untuk Inovasi" tanggal 18-19 Desember 2018 di Hotel Lombok Raya.

Farah Tayba dalam sambutannya mengucapkan terima kasih atas kehadiran Bapak dan Ibu di acara Temu INOVASI Provinsi Nusa Tenggara Barat – yang diselenggarakan oleh Program INOVASI bekerja sama dengan pemerintah provinsi NTB dan pemerintah kabupaten mitra INOVASI. Indonesia dan Australia telah bekerjasama selama bertahun-tahun dalam memperkuat sistem pendidikan di Indonesia. Pemerintah Australia percaya, bahwa pendidikan yang berkualitas sangat penting bagi Indonesia, karena hal ini berkontribusi langsung terhadap pembangunan sumber daya manusia, serta angkatan kerja yang sehat dan produktif.

Program INOVASI merupakan program kemitraan penting antara pemerintah Australia dan Indonesia. Bekerja dengan sekolah, guru dan pejabat pemerintah daerah di berbagai ruang kelas dan sekolah di seluruh negeri, tujuan program ini adalah memperkuat mutu pengajaran dan pembelajaran, khususnya dalam hal pembelajaran literasi dan numerasi.

Kegiatam program semakin banyak dan semakin intensif dilaksanakan di ke-enam kabupaten mitra INOVASI. Kini, ada lebih dari 10 pilot atau program rintisan INOVASI yang sedang berlangsung.Berbagai program rintisan tersebut berupaya mengatasi isu-isu pembelajaran yang – menurut para pemangku kepentingan setempat, merupakan prioritas di masing-masing kabupaten. Isu-isu tersebut termasuk: Pembelajaran yang lebih baik bagi anak-anak berkebutuhan khusus (ABK), pembelajaran literasi dan numerasi dasar, transisi dari bahasa Ibu ke Bahasa Indonesia, serta keterlibatan masyarakat demi untuk meningkatkan hasil belajar siswa.

Dari pelaksanaan program rintisan yang dilakukan INOVASI tersebut, kini kita telah mulai melihat bukti-bukti nyata tentang praktik dan kebijakan seperti apa yang efektif meningkatkan hasil belajar siswa - dan juga dalam konteks yang seperti apa.Program INOVASI diimplementasikan di beberapa daerah di Indonesia dan menggunakan pendekatan khas yang berfokus pada solusi lokal dalam mengembangkan berbagai macam program rintisan (pilot) dan dalam menemukan cara-cara yang terbukti berhasil dalam meningkatkan hasil belajar siswa.

INOVASI menggunakan pendekatan program yang membangun kapasitas SDM lokal dan mencari solusi lokal untuk tantangan pembelajaran yang dihadapi di daerah tersebut. Berkolaborasi langsung dengan para pemangku kepentingan di daerah – termasuk guru, masyarakat dan pemerintah setempat, INOVASI telah bekerja dengan mengeksplorasi dan memahami konteks di suatu daerah, kemudian merancang dan menguji ide solusi dalam bentuk program rintisan.

Untuk wilayah Lombok yang mengalami kerusakan parah setelah gempa bulan Agustus lalu, INOVASI telah bekerja erat dengan pemangku kepentingan setempat untuk merancang ulang program rintisannya, demi memastikan aktivitas sekolah pasca gempa bisa berjalan seefektif mungkin. Prioritas kami adalah memastikan bahwa kegiatan pengajaran dan pembelajaran di kelas dapat tetap berlanjut.

Acara Temu INOVASI ini merupakan cerminan dari kemitraan yang produktif dengan para pemangku kepentingan, demi untuk mengembangkan inovasi dan solusi lokal dalam meningkatkan mutu pendidikan di seluruh wilayah NTB.Isu-isu tersebut termasuk: Pembelajaran yang lebih baik bagi anak-anak berkebutuhan khusus (ABK), pembelajaran literasi dan numerasi dasar, transisi dari bahasa Ibu ke Bahasa Indonesia, serta keterlibatan masyarakat demi untuk meningkatkan hasil belajar siswa.

Acara Temu INOVASI ini memberikan kesempatan yang sangat baik bagi berbagai pemangku kepentingan sektor pendidikan untuk berkumpul dan mendiskusikan: Pentingnya inovasi pendidikan yang didorong secara lokal, serta rencana untuk berbagi praktik-praktik yang terbukti baik ini secara lebih luas. Kami pun sangat bangga acara ini dapat dihadiri oleh Bapak Gubernur NTB Zulkiflimansyah – kami berharap kemitraan kita dapat terus terjalin erat.

Berita Terkini



Berita Terpopuler



Statistik Pengunjung


Hari ini :   73  
Kemarin :  92 
Bulan Ini :  379 
Tahun Ini :  931 
Total :  2529 
Hist Count : 3