Wali Kota Bima Titipkan Amanah Pada Pelantikan Pengurus LPM RT RW dan Karang Taruna

  • BAGIAN PROTOKOL DAN KOMUNIKASI PIMPINAN
  • Minggu, 15 Januari 2023

Di akhir pekan Wali Kota Bima H. Muhammad Lutfi, SE melantik dan mengukuhkan Ketua LPM, RT/RW, dan Karang Taruna Kelurahan Rabangodu Selatan Kecamatan Raba Bima Periode 2022-2026 yang berlangsunng di Lapangan H.M Nour Alatif, Rabangodu Selatan (14/01).

Turut mengdampingi Dinas Perhubungan Kota Bima, Kabag Prokopim Kota Bima, Camat dan Sekcam Raba, Lurah Rabangodu Selatan, dan Lurah Rabadompu Timur di malam yang berbahagia tersebut. Selain itu beliau juga melantik sebanyak 12 Ketua RT, 4 Ketua RW, 7 pengurus karang taruna, dan 4 pengurus LPM.

Setelah selesai melantik dan mengukuhkan, tanpa basa basi beliau membahas terkait penggunaan teknologi terkini dalam pelayanan di masyarakat yang diprakarsai oleh Wali Kota Bima H. Muhammad Lutfi, SE berupa Command Center sebagai representasi dari Smart City Kota Bima. Melalui aplikasi SANINU masyarakat dapat melaporkan dan menginformasikan terkait kendala maupun permasalahan yang ada di lingkungannya kepada Comaand Center yang selanjutnya akan di arahkan kepada OPD terkait.

Selain itu Pemerintah Kota Bima juga telah memberikan bantuan berupa gadget atau smartphone android kepada perwakilan RT yang dintegrasikan secara langsung dengan Command Center sehingga pengaduan masyarakat dapat dengan mudah dilaporkan.

Oleh sebab itu pula kedatangan beliau selain untuk melantik juga untuk menghimbau Lurah, RT, RW, dan tokoh masyarakat terkait pengoptimalan dari pemanfaatan aplikasi SANINU dan Command Center Kota Bima.

“Satu harapan saya agar peran RT, RW, LPM, dan karang taruna bisa bersinergi dan bersatu padu didalam memainkan peran di wilayahnya masing-masing. Saya berjanji ingin membagikan HP Android bagi RT sebagai fasilitas penunjang tugas di tengah masyarakat, tujuannya adalah seperti saat sekarang, digunakan untuk melayani masyarakat, semata untuk mendekatkan dan memudahkan pelayanan bagi masyarakat.” Ujarnya mengingatkan.

Tak sampai disitu, beliau juga mengungkapkan rencana Pemerintah kedepan terkait pemutakhiran data bantuan kepada masyarakat yang nantinya akan mampu mengontrol dan menyaring penerima bantuan yang tepat sasaran. Data tersebut akan memilah berbagai aspek diantaranya masyarakat kita yang hidup dibawah garis kemiskinan dan jumlah pengangguran dalam data yang jelas dan terukur.

"Kurang lebih proses penginputannya 3 tahun lamanya, insya Allah big data nya rampung di tahun 2023 ini," jelasnya.

Sejalan dengan Visi-Misinya Wali Kota Bima H. Muhammad Lutfi, SE menginginkan Kota Bima menjadi Kota yang mandiri yang tergambar dari kualitas SDM, taraf pendidikan masyarakatnya, hingga menjadi Kota transit perdagangan.

"Saya bermimpi kota ini menjadi kota pendidikan, menjadi kota transit perdagangan, makanya kita dirikan kampus IAIN Bima di Kelurahan Kumbe diatas lahan 52 hektar, sehingga anak-anak kita tidak perlu sekolah jauh-jauh, kedepan cikal bakal menjadi universitas islam negeri, semua fakultas ada, tidak perlu jauh-jauh, cukup di Bima.” Tandasnya.

Sebelum mengakhiri sambutannya, beliau mengucapkan selamat kepada para pengurus yang baru saja dilantik. Beliau turut berharap agar amanah yang diberikan dapat diemban dengan baik dan semata karena ibadah dan tanggung jawab kepada masyarakat.

“Semoga betul-betul dijalankan amanah ini untuk mengabdi melayani masyarakat yang ada di lingkungan masing-masing. Kemudian kepada pengurus sebelumnya, terima kasih atas segala dedikasi serta pengabdiannya ditengah masyarakat, semoga menjadi ladang amal ibadah untuk dikemudian hari.” Tutupnya.

***

Berita Terbaru OPD

Guidelines Pawai Festival Rimpu Mantika Tahun 2024

Pemkot Bima kembali Ikuti Vicon Rapat Pengendalian Inflasi bersama Kemendagri RI

Gelar Jamuan Makan Malam, Pj. Wali Kota Bima HM. Rum; Sinergi Pemkot Bima dan Pemprov NTB