Wali Kota Bima Hadiri Pelantikan RT dan RW Kelurahan Lewirato Periode 2023-2026

  • DINAS KOMUNIKASI INFORMATIKA DAN STATISTIK
  • Kamis, 19 Januari 2023

Wali Kota Bima H. Muhammad Lutfi, SE menghadiri acara Pelantikan Ketua RT dan RW Kelurahan Lewirato periode 2023-2026. Pada Kamis, 19 Januari 2023.

Acara pelantikan pengurus RT/RW terpilih yang dipusatkan di Aula SMK Negeri 3 Kota Bima tersebut dirangkaikan dengan Sosialisasi P4GN (Pencegahan dan Pemberantasan, Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika dan Prekursor Narkotika oleh BNNK Cabang Bima.

Dalam arahannya, Wali Kota Bima H. Muhammad Lutfi, SE mengatakan, pemilihan Ketua RW dan RT ini sudah diatur dalam Perwali, hanya saja, masa periodenya diperpanjang, dari 3 tahun menjadi 5 tahun.

Beliau juga berharap, untuk membantu kinerja perangkat kelurahan, perlu dibentuk Badan Usaha Milik Kelurahan (BUMKEL), Lembaga Adat, serta Tim Siaga Bencana.

“Ini menjadi instrumen penting, dengan adanya lembaga adat, persoalan di tengah-tengah masyarakat tidak serta merta berlanjut ke proses hukum, tapi hanya diselesaikan oleh Lembaga Adat dan RT/RW setempat, sehingga menjadi peraturan yang ada di tingkat kelurahan,” tuturnya.

H. Lutfi juga menyampaikan, sejumlah penghargaan di tingkat regional dan nasional yang dicapai oleh Kota Bima selama beliau bersama Wakil Wali Kota memimpin Kota Bima, seperti yang belum hilang dari ingatan kita yaitu Kota Bima mendapat penghargaan pelayanan publik terbaik urutan 3 nasional.

“Hal ini menandakan pelayanan yang sesungguhnya yang dilakukan pemerintah kepada masyarakat, pemerintah benar-benar hadir ditengah masyarakat, inilah pelayanan yang sesungguhnya” cetusnya.

Disamping itu juga, beliau berharap doa dan dukungan dari masyarakat, karena pada tahun 2023 ini, Kota Bima mendapat kepercayaan sebagai tuan rumah penyelenggaran Kepala Daerah Inovatif yang dihadiri para gubernur, bupati, dan walikota se Indonesia.

"Ini bukan tanpa alasan, artinya kita dipercayakan menyelenggarakan acara besar ini, padahal masih banyak kota-kota lain yang dipilih, seperti Medan, Makasar, Surabaya, dan lainnya, namun Kota Bima mendapat kepercayaan menjadi tuan rumah, kepercayaan ini harus benar-benar kita siapkan dengan maksimal nantinya," paparnya.

Di akhir arahannya, Wali Kota Bima menyampaikan terima kasih kepada ketua RW/RT yang telah mengabdi sebelumnya, karena telah memberikan pengabdiannya ditengah masyarakat.

“Untuk RT/RW terpilih, bekerjalah dengan baik, dan dapat mengabdikan diri melayani masyarakat selama 5 tahun kedepan,” tutupnya.

Sementara itu, Lurah Lewirato, A. Munir Hariaddin, S.Pd dalam laporannya menyampaikan, masa bakti berakhir RW dan RT Kelurahan Lewirato sebelumnya pada bulan November 2022, kemudian ditindaklanjuti dengan pelaksanaan pemilihan secara demokrasi pada Bulan Desember.

“Jumlah RW di Kelurahan Lewirato sebanyak 4, kemudian RT sebanyak 10, dan kami telah melalui proses pemilihan secara demokrasi di TPS yang disediakan oleh panitia,” katanya.

Pada kesempatan tersebut, A. Munir menyampaikan, selamat dan sukses kepada Ketua RW dan RT terpilih, semoga kedepannya dapat berlaku adil, bijaksana dan memegang amanah yang diberikan oleh masyarakat melalui proses pemilihan secara demokrasi beberapa hari lalu.

Peran RW, RT, dan LPM sambungnya, sangat signifikan untuk memajukan pembangunan dan mensejahterakan masyarakat. Pihaknya tidak dapat bekerja sendiri, tanpa peran dan bantuan RW/RT, LPM, Karang Taruna dan masyarakat.

“Harapan besarnya, kita semua bisa bekerjasama dengan baik, saling mengingatkan, berkontribusi dengan baik, sehingga dapat membawa Lewirato kearah perubahan, maju dan sejahtera,” ungkap Munir.

Kegiatan ini bisa terlaksana dengan baik berkat dukungan penuh semua pihak, terutama SMKN 3 Kota Bima yang terus memberikan support penuh untuk setiap kegiatan Kelurahan Lewirato, lebih khusus ucapan terima kasih kepada bapak Wali Kota Bima yang berkenan hadir pada kesempatan pagi ini.

“Jujur Pak Wali, hari ini adalah hari sejarah bagi saya pribadi, karena ini adalah kali pertama saya berbicara didepan pak Wali, ada rasa campur haru, bangga, dan ini menjadi spirit semangat bagi saya membawa Lewirato jauh lebih baik kedepan," tutupnya disambut senyum oleh pak Wali dan tepuk tangan hadirin.

Wali Kota Bima didampingi Asisten I Setda Kota Bima, Kabag Pemerintahan Setda Kota Bima, Kabag Prokopim Kota Bima, Camat beserta Sekcam Mpunda, dan Lurah Lewirato, dan dihadiri oleh Kepala BNNK Cabang Bima, Kepala SMKN 3 Kota Bima, Babinsa, Bhabinkamtibmas, tokoh masyarakat, tokoh pemuda, dsn tokoh wanita kelurahan setempat.

Berita Terbaru OPD

Sekda Kota Bima Buka Konsultasi Publik Rancangan Awal RKPD Tahun 2024

H. M. Lutfi Hadiri Rapat Koordinasi Para Inspektur Daerah Bersama Mendagri

123 PPS Kota Bima Resmi Di Lantik

Pemkot Bima Vicon Pengendalian Inflasi bersama Mendagri

Libur Cuti Bersama, Wali Kota Bima Memilih Tatap Muka Bersama Warga

Wali Kota Bima Hadiri Pelantikan RT dan RW Kelurahan Lewirato Periode 2023-2026